Selasa, 12 November 2013

Jenis-Jenis Komik

Nah diposting sebelumnya kita sudah dikenalkan  tentang 10 komik terkenal, sekarang kita bakal mengenal jenis-jenis Komik
Berikut adalah jenis-jenis komik dengan pengertiannya :
  1. Kartun (Cartoon)
    Dimana komik yang isinya hanya berupa satu tampilan, komik ini didalamnya berisi beberapa gambar tokoh yang digabungkan dengan tulisan- tulisan. Tujuan komik ini biasanya mengandung unsur kritikan, sindiran, dan humor. Sehingga dari gambar(kartun/tokoh) dan tulisan tersebut mampu memberikan sebuah arti yang jelas sehingga pembaca dapat memahami maksud dan tujuannya dari komik tersebut.
Contoh:
Kita bisa melihat di koran-koran ataupun majalah, di dalam komik Koran maupun majalah biasanya menampilkan gambar kartun dari sosok seoarang tokoh tertentu yang intinya berupa kritikan, sindiran, bahkan cerita lucu yang menghibur.
  1. Komik Potongan (Comic Strip)
    Komik potongan adalah penggalan-penggalan gambar yang di gabungkan menjadi satu bagian / sebuah alur cerita pendek (cerpen). Tetapi  isi dari ceritanya tidak harus selesai disitu bahkan ceritanya bisa di buat bersambung dan di buat sambungan ceritanya lagi. Komik ini biasanya terdiri dari 3-6 panel bahkan lebih. Komik Potongan (Comic Strip) ini biasanya disodorkan dalan tampilan harian atau mingguan disebuah surat kabar, majalah maupun tabloid/buletin. Penyajian komik potongan ini ceritanya  juga dapat berisi cerita yang humor, cerita yang serius nan asik untuk dibaca setiap epsisodenya hingga tamat ceritanya.
Contoh:
- Godam gadungan di dalam koran
- Panji Koming di dalam koran Kompas
  1. Komik Tahunan (Comic Annual)
    Komik ini biasanya terbit setiap 1 bulan sekali bahkan bisa juga 1 tahun sekali. Penerbit bisanya akan menerbitkan buku-buku komik baik itu cerita putus maupun serial.Contoh:
    Dalam negeri:
    M&C Gramedia, PMK, Mizan, Terant, BumiLangit, Jagoan Comic, dsb.
    Luar negeri:
    Marvel Comics, DC Comics, etc.
  2. Komik Online (Webcomic)
    Selain media cetak seperti koran, majalah, tabloid dll, di dunia maya khususnya internet bisa juga dijadikan sarana dalam mempublikasikan komik-komik lho…! Dengan menyediakan situs web maka setiap pengunjung/pembaca dapat membaca komik. Dengan adanya media Internet jangkauan pembacanya bisa lebih luas dari pada media cetak. Komik Online lebih menguntungkan dari pada komik media cetak, karena dengan biaya yang sangat relatif lebih murah kita bisa menyebar luaskan komik yang bisa di baca siapa saja.
Contoh:
- http://www.gibug.com
- http://www.kaptenbandung.com
  1. Buku Komik (Comic Book)
    kalo komik ini pasti kalian sudah tau kan…? Hehehe…..ayo tebak……!!!
Yupz……..betul banget… Buku komik adalah suatu cerita yang berisikan gambar-gambar, tulisan dan cerita yang dikemas dalam sebuah buku. Buku Komik (Comic Book) ini sering kita jumpai bahkan mungkin sering kita baca. Comic book sering kali disebut sebagai komik cerita pendek, yang biasanya di dalam komik ini berisikan 32 halaman, tetapi ada juga komik yang berisi 48 halaman dan 64 halaman, komik ini biasanya berisikan cerita lucu, cerita cinta(cerita remaja), superhero(pahlawan) dan lain-lain.
Buku Komik itu sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Lho kok di bagi lagi sie kak…? Pertanyaan yang bagus, lebih lanjutnya kita baca aja di bawah ini.
Berikut beberapa jenis komik buku :
Komik Kertas Tipis (Trade Paperback)
Buku komik ini berukuran seperti buku biasa, tidak terlalu lebar dan besar. Walau berkesan tipis namum bisa juga dikemas dengan menggunakan kualitas kertas yang baik/bagus sehingga penampilan/penyajian buku ini terlihat menarik. Apalagi dengan gambar dan warna yang cantik, membuat buku komik ini sangat digemari.
Contoh:
- Gundala, Godam, Si Buta Dari Gua Hantu, Lamaut
- Kapten Bandung, Caroq, Gina
- Gunturgen, Blacan, Zantoro
- Komik-komiknya Marvel dan DC Comics (luar negeri)

Komik Majalah (Comic Magazine)

Buku komik berukuran seperti majalah (ukuran besar), biasanya menggunakan tipe kertas yang tebal dan keras untuk sampulnya. Dengan ukuran yang besar tersebut tentunya dengan misalkan 64 halaman bisa menampung banyak gambar dan isi cerita.
Contoh:
- Tintin (luar negeri)
- Lucky Luke (luar negeri)
- Asterik/Obelik (luar negeri)
Komik Novel Grapis (Graphic Novel)
Biasanya isi ceritanya lebih panjang dan komplikasi serta membutuhkan tingkat berpikir yang lebih dewasa untuk pembacanya. Isi buku bisa lebih dari 100 halaman. Bisa juga dalam bentuk seri atau cerita putus.
.
  1. Komik Ringan (Comic Simple)
    Komik yang satu ini adalah komik yang biasanya dibuat dari hasil karya sendiri yang di fotokopi dan di jilid sehingga menjadi sebuah komik. Alternative ini sangat mendukung dalam pembuatan komik, karena hanya bermodal ide dan keahlian menggambar di tambah pengeluaran yang sangat ringan. Sang pencipta komik ini bisa ikut berpartisipasi dalam membuat komik, hal ini bisa dijadikan langkah awal untuk menjadi seorang komikus.Contoh:
    - Kakek Bejo (pragatcomic.com)
  1. Buku Instruksi dalam format Komik (Instructional Comics)
    komik ini biasanya di gunakan dalam media pembelajaran. Banyak sekali sebuah buku panduan atau instruksi yang di buat dalam format Komik, bisa dalam bentuk Buku Komik, Poster Komik, atau tampilan lainnya. Biasanya pembaca buku ini akan lebih mudah cepat mengerti dari pada menggunakan buku panduan yang tidak bergambar. Dengan menggunakan gambar maka pembaca bisa menguti step by step yang tertera pada komik. Dengan adanya gambar yang di muat dalam format komik, buku bisa menjadi lebih menarik dan menyenangkan
sumber : http://pensilseni.wordpress.com/2011/07/22/jenis-jenis-komik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar